Makanan khas makasar

6 Makanan Khas Ini Bukti Bahwa Makassar adalah Surganya Kuliner

Kuliner khas Makassar sejak dulu memang sudah diakui kelezatannya di seantero bumi pertiwi kita ini. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat, semua punya cita rasa khas yang bisa memanjakan selera perut dan lidah kita.
Kalau kamu hendak atau sedang berpelesir ke kota Daeng, inilah saat yang tepat buatmu untuk menjelajah salah satu surga kuliner ternikmat di nusantara. Kalau kamu bingung apa saja daftar kuliner khas Makassar yang harus kamu santap, makanan khas berikut ini bisa kamu jadikan daftar buruanmu!

1. Sop Saudara

Sop Saudara
Sop Saudara ini merupakan masakan tradisional khas Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Seperti pada umumnya sop, Sop Saudara ini merupakan hidangan sup berkuah gurih dan berbahan dasar daging sapi.
Pada umumnya, Sop Saudara berisi daging sapi dan dilengkapi dengan bihun, perkedel kentang yang telah dibentuk bola-bola kecil, dan paruh sapi yang telah digoreng. Biasanya, Sop Saudara disantap bersama nasi putih dan lauk telur rebus dan ikan bakar. Sebagai pelengkapnya, terdapat sambal kacang dan irisan timun.

2. Sop Konro

Sop Konro
Sop Konro merupakan salah satu masakan khas suku Bugis yang sudah melegenda dan gak boleh kamu lewatkan kelezatannya. Warna kuahnya yang hitam, membuatnya terlihat seperti Rawon, karena dua-duanya sama-sama memakai bahan kluwak sebagai bumbu. Selain kluwak, terdapat bumbu rempah lainnya seperti lengkuas, ketumbar, kapulaga, dll.
Isi dari sop konro ini adalah daging dan iga sapi yang empuk dan terkadang masih berbalut lemak. Itulah mengapa disebut “konro” yang berarti iga. Biasanya, sop konro ini disantap bersama dengan ketupat.
Meskipun pada umumnya Konro ini berbentuk sup, tapi sekarang sudah muncul variasi baru yang tak kalah lezat, yaitu Konro Bakar. Sebelum disajikan, iga sapi dibakar menggunakan bumbu rempah-rempah khas.

3. Mie Titi

Mie Titi
Berbeda dengan mie-mie pada umumnya. Mie Titi ini merupakan mie goreng kering yang disiram dengan kuah kental. Jadi, mienya digoreng terlebih dahulu hingga kering, setelah itu disiram dengan kuah kental panas yang terbuat dari telur, tepung pengental dan sayur.
Biasanya, kuah mie titi ini sudah dilengkapi dengan irisan daging ayam, bakso goreng dan sayur. Tak jarang juga Mie Titi ini dilengkapi dengan lauk udang. Agar semakin nendang di lidah, biasanya Mie Titi disantap dengan cabe rawit yang sudah dicampur denga cuka.

4. Coto Makassar

Coto Makassar
Kalau yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi di telingamu. Yup, Coto Makassar ini bisa dibilang masakan ikonik khas Makassar. Saking populernya, Coto Makassar ini bisa kita temui di berbagai daerah Indonesia. Meski begitu, tetap saja wajib hukumnya menyantap Coto Makassar kalau sudah menginjakkan kaki di Makassar.
Coto Makassar merupakan sup yang kaya akan rempah-rempah khas. Yang membedakan Coto Makassar dengan soto-soto lainnya adalah adanya kacang tanah yang disangrai. Sedangkan isi dari Coto Makassar pada umumnya adalah daging sapi beserta jeroan-jeroan yang telah direbus.
5. Paluba sa
Pallubasa
Pallubasa ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Coto Makasar, yakni sup berbumbu remah-rempah yang berisikan daging sapi dan jeroan. Ya, salah satu ciri khas kuliner Makassar adalah adanya daging sapi dan jeroan.
Kuah Pallubasa ini kental karena terbuat dri santan dan terdapat parutan kelapa yang telah disangrai sehingga menimbulkan aroma yang begitu khas dan lezat. Biasanya, pallubasa dihidangkan bersama telur kuning ayam kamoung yang masih mentah.

6. Nasu Palekko

Nassu Palekko
Kalau kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas. Karena sensasi pedasnya yang nendang di lidah ini, membuar kuliner yang satu ini menjadi incaran para pecinta kuliner pedas. Kuliner ini aslinya berasal dari Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.
Bahan dasar dari Nasu Palekko adalah daging itik yang dipotong kecil-kecil, terkadang juga terdapat potongan bagian leher dan jeroannya. Itik yang digunakan biasanya adalah itik yang masih muda dan memiliki tekstur yang lembut. Untuk menghilangkan bau ammisnya, biasanya digunakan asam jawa sebagai penetralisir. Rasa dari Nasu Palekko ini sangatlah gurih dan pastinya terdapat sensasi pedas yang menggigit.
Nah, nggak heran ‘kan kalau Makassar disebut sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia? Kalau gak percaya, kamu bisa buktiin sendiri gimana kelezatan kuliner tradisional Makassar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

wisata kuliner bandung

Definisi wisata kuliner

Makanan khas Gotontalo